ingatlah pemutus segala kenikmatan

Suatu ketika pekerjaan kantor tak lagi menghibur hati, yang ada membuat penat dan berbagai lintasan pikiran muncul, keinginan hidup ini dan itu. pokoknya ingin semua enak dan gak repot.

Ada sebuah dialog antara Qolbu Salim dan Hawa Nafsu :
(Qolbu Salim), “sebenarnya kamu ini pengennya apa”?
(Hawa Nafsu), “saya pengen punya ini dan itu”
(Qolbu Salim), “oke, seandainya dikabulkan, kamu pengen apa lagi?”
(Hawa Nafsu), “oh iya, tambah lagi deh saya belum punya ini dan itu”
(Qolbu Salim), “itu saja, cukup?”
(Hawa Nafsu), “belum, masih ada … ”
dan seterusnya … (Hawa Nafsu) tak akan merasa cukup dengan yang telah ada dan dirasakan olehnya, sampai dia tidur dengan hanya mengenakan selembar kain kafan yang menyelimutinya dan tumpukan tanah yang menutupinya.
Continue reading

berpuasa senin-kamis kenapa sih?


Dulu…. pas aku masih kecil, kira-kira usia SD kelas 4, bapak menyuruhku berpuasa senin-kamis… pertama-tama sih emang agak sulit, lha wong temen temen yang lain kalo siang pas jam istirahat sekolah pada makan, sementara aku ndak makan sedih ya …


Itu tempo dulu … ceritanya juga udah lama, sekarang aku udah dewasa 🙂 cie …. dewasa nih … ya iya lah kan udah lulus kuliah 🙂 hehehe …. udah kerja lagi. hmmm, aku nggak cerita tentang masa-masa aku di kampus ato di dunia kerja yee … mungkin lain waktu InsyaAlloh. Aku pengen cerita dikit aja, akhir-akhir ini aku baru nyadar, ternyata kenapa sih aku harus menyadari pentingnya berpuasa (shoum senin-kamis). Dulu pas lagi SD aku berpikir bahwa melakukan ibadah itu karena di suruh ayah, trus pas udah smp-kuliah aku berpikir “karena udah biasa puasa, ya kenapa enggak ini jadi kebiasaan, selain ngehemat duit juga bikin emosi terkendali”. Teeerus akhir-akhir ini aku baru nyadar bahwa ada yang lebih keren lagi (bikin aku happy) kenapa aku rutin shoum senin-kamis? nih die alasan nye …

Continue reading

cerita berangkat dari rumah menuju kantor


Kamar berukuran 4*3 meter terletak disudut lorong sebuah rumah kos yang berlantai 2 disana saya tinggal bersama teman seangkatan, sebutannya si bos :D. Udara pagi itu sangat dingin karena hujan yang cukup deras, kami berdua tidur beralaskan kasur yang langsung menempel ke lantai, aku dan si bos tidur dikasur masing-masing … ya iya lah masa berdua sekasur! 🙂


Hari itu tidak seperti biasanya, si bos bangun lebih awal, tumben banget ya :), di setengah kesadaranku, aku merasa ada yang membangunkanku untuk segera sholat subuh … tapi aku tetap tidak bangun -bandel banget sih …. setelah aku sadar bahwa jam sudah menunjukkan 05.30 aku langsung ke kamar mandi untuk bergegas mandi & sholat shubuh.


Mulai deh, pikiranku melayang tidak karuan jika aku telah bermaksiat “salah satuanya (meninggalkan kewajiban sholat shubuh berjamaah)”, rasa malas tumbuh dan menjalar ke semua bagian tubuh ini… entah kenapa?
Continue reading