Cerita kerja di JAST1

JAST1 adalah sebuah nama perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang telekomunikasi. Sekilas ketika dibaca tulisan tersebut maka yang terpikir adalah ‘JUST one’ (hanya satu), padahal JAST1 merupakan singkatan dari PT Jasa Telekomunikasi Utama dengan komisaris utamanya adalah seorang petinggi TELKOM perintis adanya TELKOMSEL, pak Garuda dan Dirut nya pak nanang.

Berawal dari obrolan di warung sate, saya ditawari oleh temen akrab yang juga seangkatan di kampus STT Telkom, beliau sudah lebih dahulu masuk di JAST1, katanya “dra mau masuk gak ke JAST1”, aku sempat berpikir sejenak, terpikir wah gimana ya, saya masih harus menyelesaikan persiapan sidang skripsi tapi kayaknya gapapa deh kan udah tinggal daftar aja. Selain itu, my teacher said “udah ambil aja, insyaAllah semuanya akan dipermudah modalnya YAKIN” cetus katanya menguatkan diriku untuk mengambil kesempatan itu.

Proses rekruitasi pun dimulai, yups prosesnya hanya interview, memang aneh. tapi gapapa lah. Cerita interviewnya gini, hari senin, saya diantar oleh akh arki untuk bertemu langsung dengan direktur planning di JAST1, pak udi (panggilannya) yang juga pak de nya. 🙂
Setelah proses tanya jawab, dari 3 orang yang diseleksi, saya dan mas afif lah yang diterima. [mode bersyukur 🙂 ]

Lanjut cerita, setelah diterima, saya bekerjasama dengan team project DGT JAST1 (data gathering) lainnya (pak nono (PM), pak koesen, pak djoko, mas OQ, arki, July, mas afif) dengan lokasi kerja di Basemen Gedung Pos komplex PEMDA Jabar.

Pekerjaan DGT ini, sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelitian, ngerti dikit tentang tips di ms excel dan pengetahuan tentang jaringan transmisi backbone jawa-sumatera. Kebetuan diawal masuk, saya ikut ambil bagian untuk project DGT untuk sistem transmisi RMJ, NEC dan ZTE.

Awalnya ruangan kerja cukup luas, namun semenjak dibagi dua dengan koperasi P2TEL, jadinya ya gitu deh “sumprit bro” ruangan pengap kalo AC nya gak dinyalain tapi kalo dinyalain dingin banget coz jaraknya sangat dekat dengan ruang kerja. huh….

Suit suit …. Alhamdulillah, akhirnya diawal januari, JAST1 punya kantor sendiri (baru bro) yang juga sekaligus jadi tempat tinggal saya 🙂 …. Adem suasananya lho, karena ruangannya emang luas dan bangunannya tidak seperti kantor melainkan rumah, ada dapur, ruang tamu, tempat parkir dan di lantai 2 ada ruangan buat istirahat yang akhirnya jadi kamar saya…. hehehe 🙂

Singkat cerita, setelah tinggal di kantor baru JAST1 di cendana no 3 ini, ternyata proyek DGT kerjasama antara TELKOM, sainsaine dan JAST1 hampir selesai …. dan kebetulan saya dalam kontrak kerja hanya dibatasi bekerja sampai proyek DGT selesai! wah gimana yah nasib saya berikutnya?

Walaupun begitu, saya gak sedih kok, di JAST1 saya dapet banyak banget pengalaman, saya jadi tau sistem transmisi backbone TELKOM karena pak nono, pak koesen dan pak djoko kan para petinggi TELKOM yang memang pembuat planning project untuk sistem transmisi itu sehingga sangat mengetahui betul tentang hal itu …. makasih pak atas ilmunya. untuk mas OQ makasih ya atas tips dan trik mempermudah pekerjaan juga sudah mau jadi temen becanda, buat akh arki makasih ya udah bisa masukkin saya ke JAST1, buat July makasih banget ya udah bisa kerjasama, for mas afif pokoke makasih berlipat-lipat coz udah ngasih tumpangan kendaraan dan jadi temen kerja yang sangat oke …, untuk pak sis maksih juga ya ditunggu lagi traktiran kue nya …. [mode becanda pak].

Semoga JAST1 menjadi perusahaan besar kedepannya. BRavo JAST1.

Leave a Reply

